Monday, July 23, 2007

Penggemar NASCAR ngutak ngatik fisika






ehmm.... tau gak yang namanya NASCAR, itu tuh lomba balapan mobil yang muter2 mulu lintasannya. Emang sih kayaknya agak membosankan. Tetapi bgi Profesor Diandra Leslie-Pelecky dari University of Nebraska, NASCAR mempunyai daya tarik tersendiri.

Leslie-Pelecky mulai tertarik dengan fisika NASCAR saat dia menonton perlombaan NASCAR pada suatu akhir pekan. Dia melihat suatu fenomena yaitu mobil tiba tiba kehilangan kendali dan menabrak tembok pembatas lintasan. Dia mulai berpikir tentang kejadian itu dan kecelakaan kecelakaan yang terjadi di NASCAR. Dan dia menyimpulkan bahwa lebih banyak mobil hanya memacu kecepatannya daripada berkendara sebaik mungkin mengelilingi lingkaran.

Semua pembalap NASCAR yang jagoan pasti menerapkan mantra dasar ini : melaju cepat, selalu belok ke kiri, dan jangan pernah bertabrakan. Leslie-pelecky mengemukakan bahwa pembalap berlomba pada suatu titik keseimbangan tak stabil yang konstan. Kunci untuk menjaga keseimbangan adalah menjaga, semampunya, besar gaya yang bekerja pada 4 roda harus sama.

Dia menambahkan bahwa pembalap NASCAR terbaik adalah "fisikawan intuitif": mereka mengerti kompleksnya sistem dengan berbagai gaya yang bekerja pada lintasan, mulai dari aerodinamik dan percepatan hingga gesekan dan energi dispersi akibat tubrukan.





diambil dari : APS NEWS, July 2007, vol 16, No 7

gambar dari: hhttp://www.dvdactive.com/news/releases/cars.html

No comments: